Kamis, 22 Juli 2010

Condet Riwayatmu kini



Slide Show

Salak condet manis rasanya, beli sekaranjang dibawa sado, memang adik cantik rupanya, tapi sayang jauh jodoh.

Masih banyak lagi pantun Betawi lain yang menyebut Condet dalam lariknya.Condet adalah sebuah kawasan yang berada di sebelah Timur Jakarta.Secara administratif berada di Kecamatan Kramat Jati yang terdiri dari tujuh kelurahan. Namun hanya empat yang biasa disebut kawasan Condet,yakni Cililitan, Batu Ampar, Bale Kambang, dan Kampung Gedong. Sampai akhir 80-an Condet adalah penghasil buah salak dan duku.



Budayawan dan pemerhati Betawi, Ridwan Saidi mengatakan, “Di daerah Condetlah negara Salakanegara berada.” Katanya ketika berbicara dalam berbagai seminar mengenai budaya Betawi. Salakanegara adalah kerajaan pertama yang berdiri di tanah Jawa pada tahun 130. Bahkan jika ditengok kebelakang, berdasarkan temuan arkeologis, daerah Condet telah dihuni manusia sejak jaman Neolitikhum (3000-3500 tahun lalu).
Ridwan kemudian mengaitkan dengan nama-nama bermakna sejarah di Condet seperti Batu Ampar yang berarti batu tempat meletakan sesaji dan Bale Kambang adalah pesanggrahan para raja. Konon, asal mula nama buah salak yang dulu menjadi komoditas unggulan Condet, pun berasal dari kata Salakanegara.

Haji Entong Gendut

Tidak ada data pasti sejak kapan atau bagaimana ceritanya Condet menjadi pemukiman orang Betawi. Namun daerah ini menyimpan sejarah menarik,salah satunya kisah Haji Ntong Gendut.
Haji Entong Gendut adalah Alim Ulama sekaligus pendekar yang disegani di Condet. Menurut Ran Ramelan dalam buku Condet Cagar Budaya Betawi, Haji Entong Gendut marah atas kesewenang-wenangan Kompeni dalam memungut pajak atau blasting kepada rakyat Condet. Akhirnya, pada 5 April 1916 Haji Entong Gendut memimpin pemuda-pemuda Condet menyerbu sebuah Gedung bernama Villa Novaatau Grooveld milik tuan tanah Belanda. Setelah berhasil memberi pelajaran kepada Kompeni, dimulailah babak heroik perlawanan masyarakat Condet pimpinan Haji Entong Gendut versus Kompeni.
Menurut cerita, Haji Entong Gendut akhirnya tewas ditembak Kompeni lalu mayatnya dibuang ke laut.
Karena Gedung (kini tinggal rangkanya) yang diserbu Haji Entong Gendut itu adalah adalah gedung satu-satunya dan terbesar di daerah Condet ketika itu, maka daerah itu disebut Kampung Gedong hingga sekarang.
Mayoritas warga Condet diisi orang Betawi Muslim, maka banyak juga warga Arab pendatang yang merasa cocok bermukim disini lalu berasimilasi. Dulu,terkenal dua sebutan untuk etnis Arab, Arab Condet dan Arab Pekojan.
Menurut Ridwan Saidi, kata Condet berasal kata Ci Ondet. Ci berarti air atau kali seperti nama kali lain, Ciliwung, Citarum, Cisadane dan sebagainya. Sementara Ondet atau Odeh adalah nama pohon sejenis buni.Konon di sepanjang aliran kali Ciliwung yang lewat kesana banyak ditemukan pohon Ondet, sehingga disebut Condet.

Condet kini

Pada tahun 1974, Gubernur Ali Sadikin mengeluarkan Surat Keputusan nomorD.IV-115/e/3/1974 berisi penetapan kawasan condet seluas 18.228 hektar sebagai Cagar Budaya Betawi. Keputusan ini disambut gembira banyak pihak, termasuk warga Condet sendiri. Namun seiring jaman, pertumbuhan kawasan Condet sulit dikendalikan. Rumah-rumah modern, kios, bengkel,warung, restoran, toko, hingga mini market tumbuh berjamur. Kebun dan kawasan hijau berkurang drastis. Akibatnya, tidak terdengar lagi Condet sebagai penghasil duku dan salak.
Kabari sendiri bingung saat menyambangi kawasan ini, mana yang disebut cagar budayanya ya? Kawasan Condet hampir tidak berbeda dengan pemukiman-pemukiman lain. Padat dan hiruk pikuk. Penduduknya pun lebih banyak pendatang ketimbang orang Betawi asli. Untungnya, Kabari masih menemukan satu rumah Betawi asli yang usianya sudah ratusan tahun. Rumah ini milik Haji Abdul Salam atau Haji Endung di Condet Cililitan. Arsitektur rumah ini masih dipertahankan, bahkan lantainya pun masih terbuat dari ubin model‘jadul’ alias jaman dulu. Tebal dan kuat. Tiang-tiang penyangganya masih kokoh meski telah berusia ratusan tahun. Bapak Ilyas, menantu Haji Ndung yang menempati rumah ini mengatakan, “Pernah datang peneliti dari Bandung, dia bilang pintu-pintu dan kusen rumah ini usianya lebih dari seratus lima puluh tahun.” Katanya. Pemprov DKI juga berniat membeli rumah ini untuk dijadikan situs budaya, namun Haji Endung selalu menolak menjualnya.
Sebetulnya kritisnya kawasan ini sudah dideteksi pemprov DKI sejak bertahun-tahun lalu. Sesuai Peraturan Daerah No. 7 tahun 1991,setiap rumah yang dibangun dikawasan khusus seperti Condet, maka bentuk bangunannya harus sesuai dengan ciri khas kawasan.
Berhubung sudah terlanjur dan tidak mungkin membuat Cagar Budaya di lokasi yang sama,akhirnya Cagar Budaya Betawi dipindah ke Setu Babakan di Srengseng Sawah, Jagakarsa.

Senin, 19 Juli 2010

Yahoo Messenger 10




Features

1. Instant message with one friend, or conference in a bunch
2. All-new Insider with Yahoo! Mail, news, weather, search and more
3. Easily find or invite friends from other services to come chat with you
4. Send text messages (SMS) to friends' mobile phones for free*
5. Make free PC-to-PC calls and PC-to-phone calls for as low as 1¢ a minute (plus free voicemail!)
6. Use the built-in media player to watch web videos and view photos with friends
7. Show your style with emoticons, Avatars, audibles and IMVironments


Download yahoo messenger :

yahoo messenger



Enjoy...

Minggu, 18 Juli 2010

Portable Photoshop 7



Siapa yang ga kenal dengan software yang satu ini, Adobe Photoshop software serba bisa dalam hal edit mengedit gambar. Tapi biasanya software ini harus diinstall terlebih dahulu sebelum bisa digunakan .

Tapi sekarang sudah ada mode portable nya yang bisa digunakan tanpa harus menginstallnya dulu di komputer.

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , dan versi yang terakhir (kesebelas) adalah Adobe Photoshop CS4.

Anda bisa Download disini:

Portable Photoshop 7

Selamat Berkreasi dengan Photo-Photo anda.

Partition Magic 8.0.5 Portable



Partition Magic memungkinkan Anda untuk membuat, mengubah ukuran dan menggabungkan partisi pada hard drive Anda tanpa merusak data. Partition Magic membantu mengatur dan melindungi data Anda, menjalankan beberapa sistem operasi, mengkonversi file jenis sistem dan memperbaiki kesalahan tabel partisi.

Fitur:

* Membagi harddisk menjadi dua atau lebih partisi
* Menjalankan beberapa sistem operasi pada PC yang sama
* Bootmagic ™ memudahkan untuk beralih di antara sistem operasi
* Salin, memindahkan, mengubah ukuran, split, atau menggabungkan partisi
* Panduan Anda melalui proses partisi
* Mudah untuk menemukan, copy dan paste file di kedua Windows ® dan Linux ® partisi
* Membuat dan memodifikasi partisi hingga 300GB *
* Mendukung, USB 2.0 USB 1.1, dan FireWire drive eksternal ® **
* Mendukung dan mengkonversi partisi antara FAT, FAT32, NTFS, Ext2, dan sistem berkas ext3
* Memperbesar partisi NTFS tanpa merestart komputer
* Mengubah ukuran cluster NTFS untuk sistem ukuran yang paling efektif

Anda dapat mendownloadnya disini :
Partition Magic 8.0.5 Portable

Selamat berkreasi pada hard drive anda.

dBpowerAMP Music Converter



Audio konversi disempurnakan, mudah mengkonversi antara format. dBpoweramp Musik Converter ™ telah menjadi 'standar' alat untuk konversi audio, lebih dari 20 juta pengguna di seluruh dunia bergantung pada dBpoweramp:

Fitur :

* Convert audio file dengan kesederhanaan yang elegan. mp3, mp4, m4a (iTunes / iPod), Windows Media Audio (WMA), Ogg Vorbis, AAC, Monkeys Audio, FLAC, Apple Lossless (ALAC) untuk beberapa nama!
* Encoding Dukungan CPU Multi,
* Rip digital merekam CD audio (CD Ripper),
* Batch jumlah besar Mengkonversi file dengan 1 klik,
* Windows Integrasi info tips popup, sifat audio, kolom, mengedit ID-Tag,
* Efek seperti DSP Volume Normalisasi, atau Grafis EQ [Power] Pack Opsi,


Aman untuk mengatakan, tidak ada program audio lainnya mengkonversi file audio multi format lebih dari dBpoweramp, kita telah menghabiskan waktu 8 tahun menyempurnakan format-kompatibilitas dan stabilitas konversi.

Anda bisa mendownload di sini :

dBpowerAMP Music Converter

Selamat mencoba... :)

ACD SEE 5.0



ACDSee adalah organizer foto yang sempurna. ACDSee membantu Anda dengan cepat melihat dan mencari foto, memperbaiki kekurangan, dan berbagi favorit Anda melalui e-mail, mencetak dan album online gratis.

Fitur:
- Lihat foto langsung
- mengisi layar Anda dengan foto, zoom melalui thumbnail Anda, dan melihat foto dalam ukuran penuh. Plus, langsung melihat lampiran e-mail atau file pada desktop Anda, dengan fitur ACDSee's handy Quick View.
- Mengatur segalanya
- Tetap di atas seluruh koleksi Anda. Drag dan drop foto ke folder file Windows, tambahkan kata kunci dan peringkat, menyunting metadata Anda, dan membuat kategori sendiri. Menetapkan gambar sebagai banyak kategori yang Anda inginkan tanpa mengambil lebih banyak tempat di komputer Anda. Ubah nama, memutar, dan mengubah ukuran kelompok foto sekaligus.
- Cari favorit Anda
- masukkan kata kunci beberapa kata seperti "New Jersey" atau "pesta pernikahan", pencarian hanya folder tertentu, dan menemukan bahwa satu gambar khusus dengan bar Pencarian Cepat. Gunakan Kalender Acara berguna atau tampilan untuk melihat foto dari pesta ulang tahun, perjalanan liburan atau kesempatan khusus lainnya.
- Gambar-kenangan yang sempurna
- Pamerkan foto dalam terang terbaik mereka. Segera menyesuaikan eksposur, memperbaiki masalah umum seperti mata merah dan cacat, dan menghapus objek mengganggu. Rescue foto yang terlalu terang atau gelap dengan satu klik, berkat alat patent-pending ACDSee's / Shadow Highlights. Menulis teks, tambahkan skets, atau menerapkan efek artistik seperti sepia, kaca patri, atau gambar krayon. Anda bahkan dapat mengatur area yang dipilih foto Anda, seperti bunga tunggal atau wajah dalam kerumunan.
- Berbagi gambar Anda
- foto E-mail tanpa khawatir tentang ukuran file. Buat CD, DVD, cetakan dan banyak lagi. Upload ke situs seperti ™ flickr dan SmugMug tanpa harus meninggalkan ACDSee. Posting sebuah widget foto di situs Web atau blog, powered by album online gratis Anda SendPix.
- Membuat rumah cetak mudah
- Dengan alat ACDSee's print layout lebih mudah dari sebelumnya untuk mencetak foto Anda dari rumah. ACDSee bekerja dalam margin cetak Anda dan membantu Anda mencetak beberapa sidik jari di satu halaman, mengisi seluruh halaman, atau membuat ukuran cetak kustom.
- Melindungi foto Anda
- ACDSee membantu Anda menyimpan salinan gambar Anda sehingga Anda tidak kehilangan mereka jika komputer Anda gagal. Gunakan Sinkron untuk menyinkronkan alat folder gambar Anda dengan hard drive eksternal atau drive jaringan. Atau, gunakan fitur Database Backup untuk cadangan foto dan database informasi ke CD atau DVD. Anda bahkan dapat menjadwalkan backup dan pengingat.

Anda bisa download di bawah ini :

ACD SEE 5.0 Power Pack

Selamat mencoba... :)

Sabtu, 17 Juli 2010

cara mendownload dan menginstall yahoo messenger

Tutorial ini tidak asing lagi bagi yang sudah tahu, tapi tutorial ini diperuntukan bagi yang belum tahu cara mendownload dan menginstall. baik kita mulai saja dari cara mendownload. Kita akan menggunakan yahoo messenger versi 10.

Untuk mendownload silakan klick di bawah ini :

http://www.mediafire.com/?ce8sc9vi02d9cal

setelah anda meng-klick link di atas maka akan muncul tampilan baru seperti ini :


maka setelah anda meng-klick itu, selanjutnya akan keluar tampilan seperti dibawah ini :



Klick SAVE FILE ( ini menggunakan Mozilla, tapi tidak jauh beda jika anda memakai internet explorer ). maka akan muncul tampilan baru seperti dibawah ini :



Kenapa harus klick desktop?.... ini untuk memudahkan anda dalam mencari file yang akan didownloadnya. pada hakekatnya anda bisa menyimpannya dimanapun anda inginkan, bisa di drive C:, drive D: dan seterusnya. tapi saat ini saya mengharuskan di desktop untuk kemudahan anda mencari file yang sudah anda download nanti.

setelah anda meng-klick desktop lalu anda klick SAVE. Maka mulailah anda mendownloadnya. tunggu hingga download selesai. Dan jika sudah selesai anda bisa membuka desktop dengan cara tekan GAMBAR BENDERA + E pada keyboard anda. klick secara bersamaan. seperti gambar dibawah ini:



ketika anda menekan bendera + E, maka muncul gambar ini :



selanjutnya anda klick desktop:



Selanjutnya adalah anda klick dua kali pada file hasil downloadan anda. Dan muncul gambar seperti di bawah ini. Silakan anda ikutin seperti gambar di bawah ini :



Klick NEXT



Conteng YES, I ACCEPT lalu klick NEXT



Klick NEXT



Klick NEXT



Biarkan file menginstall sendiri dan tunggu hingga keluar gambar seperti di bawah ini :



Dengan meng-klick FINISH, maka selesailah proses instalasi Yahoo messenger. lalu setelah anda klick FINISH maka akan muncul dengan sendirinya gambar dibawah ini:



Jika gambar diatas ini tidak keluar secara otomatis maka anda bisa buka sendiri di desktop dengan menekan BENDERA + E, seperti terdahulu.

Maka anda tinggal memasukan yahoo ID (Email) anda serta password anda. seperti gambar dibawah ini:



disana ada tiga pilihan :
1. Remember my ID & Password
2. Sign in automatically
3. Sign in as invisible to everyone

YANG PERTAMA : ini berguna untuk selalu mengingatkan ID dan password kita. sehingga kita tidak perlu menulis ID dan password lagi di kemudian hari atau saat kita keluar dari yahoo dan masuk kembali ke yahoo. Yahoo secara otomatis akan menuliskan ID dan passwod anda, jadi anda tidak perlu menulis kembali ID dan Password. Anda tinggal klick Sign In saja, yahoo akan segera masuk.

YANG KEDUA : ini berguna saat saat anda menghidupkan komputer, secara otomatis yahoo akan membuka dan langsung masuk.

YANG KETIGA : ini berguna, jika anda tidak ingin terlihat oleh temen temen anda bahwa anda sedang ONLINE. dengan anda memilih ini, temen anda tidak bisa melihat anda kalau anda sedang online, tapi anda bisa melihat teman anda. tentunya jika temen anda tidak memilih invisible.

Nah, selanjutnya adalah LANGUAGE (Bahasa).
disini anda mau menggunakan bahasa apa dalam menggunakan yahoo. Jika anda ingin Bahasa Indonesia, maka anda pilih Indonesia. Yahoo secara otomatis akan merubah bahasa anda menjadi bahasa Indonesia.

PERHATIAN :
dalam menuliskan Yahoo ID anda cukup menuliskan ID anda saja. contoh : yahoo ID saya adalah condet_punya@yahoo.com, maka anda cukup menuliskan condet_punya saja. tidak perlu memasukan @yahoo.com. tapi walaupun anda masukan itu juga tidak ada masalah.

selesai dech....Gampangkan???... semoga ini bermanfaat bagi yang belum tahu caranya. SELAMAT MENCOBA....

Template by : kendhin x-template.blogspot.com